Thursday, March 06, 2014

Strategi Presentasi Mentoring Islam -FUN TAC TICS

Rp 14.500,- SMS: 0878-7983-4475
Mengisi mentoring memang tak semudah membalik tangan. Tentu saja semua itu harus melalui persiapan. Dengan berbagai taktik jitu, maka hal-hal yang tak terduga di lapangan akan teratasi dan remaja pun bisa melakukan mentoring dengan mengesankan dan menyenangkan. Namun begitu, mereka harus belajar bicara dengan mengatur posisi, mengatur penampilan sampai menghidupkan suasana pertemuan dengan pembinaan ruhiyah. Hal itu akan menjadi salah satu sarana peningkatkan kualitas individu terutama dari segi moralitas.
Ada tiga potensi untuk persiapan mentoring, yakni :

1. Ruhiyah (mental) : Kegiatan mentoring bukan untuk main-main, jadi utamakan akal sehat, cerdas dan bersih hati
2. Aqliyah (akal) dengan mencari ilmu yang luas meliputi materi, lingkungan dan wawasan mengenal mentee
3. Kinestetik. Orang yang belajar dari pengalaman dan tindakan.

Mentee adalah kumpulan orang-orang dengan keragaman dominasi modalitas.

Tugas sebagai mentor adalah membuat desain mentoring yang meliputi keseluruhan modalitas. Mereka yang melakukan presentasi harus memperhatikan berkomunikasi dengan baik. Beda komunikasi dengan persentasi. Presentasi adalah pesan dapat disampaikan dengan baik serta bagaimana kepribadian presenter dapat diterima dengan baik. Bicara harus biasa seperti ngobrol dan tidak mengubah gaya bicara dan kepribadian, juga tidak menggunakan bahasa formal.
Ada 16 Taktik Presentasi Mentoring yang dikemukakan di buku ini, Antara lain.Taktik yang mengacu pada 5W/1H (Why, What, Who, When, Where, How), Taktik membuat rancangan pembelajaran sebelum mengajar dengan menetapkan tujuan, bahan, metode, agenda dan membuat learning plan atau rencana pembelajaran untuk setiap pertemuan. Sekanjutnya, taktik bagaimana menghilangkan perasaan gugup yang harus diantisipasi dengan datang lebih awal, konsentrasi persiapan diri secara fisik, membangun mental yang positif. Sedang taktik lain adalah untuk mengantisipasi bila saat mentoring kehabisan energi dan lelah fisik, maka ia harus bisa mengatur pola makan, minum air putih hindari pengawet makanan, pewarna buatan, jangan makan berlebihan. Dan lain-lain.

  • Penerbit: PT Syamil Cipta Media
  • Diterbitkan sejak: 2007
  • Jumlah halaman: 69.
Buku ini dijual dengan harga Rp 14.500,-. Pemesanan via SMS ke 0878-7983-4475. Harga sudah termasuk ongkos kirim.

No comments: