Monday, May 20, 2013

Indahnya Silatnas Rohis


Oleh: Hanif Moslem II

Assalamu’alaikum  sobat Rohis .. J
Apa kabar ?
Alhamdulillah, Luar biasa , ALLAHU AKBAR ..
Oiya, ane punya cerita nih tentang pengalaman  pas ane ikut suatu acara Silaturahim ROHIS Nasional yang diadakan oleh RUMAH ROHIS (Bandung) bertempat di pesantren Nurul Fikri Boarding School, Lembang Bandung 29-30 Maret 2013, yang berjudul The Journey Of Silatnas.

Perkenalkan nama ane Hanif Muslim dan sekolah di SMA N 4 Depok yang biasa di sebut SWISS ( Sekolah Wilayah Sekitar Selebritis ) keren ga sobat Rohis ? haha bercanda sebenernya kepanjangannya itu Sekolah Wilayah Sekitar Sampah , tapi kalo kepanjangannya kaya gitu ane kurang demen yaudah ane ganti deh Sampahnya jadi selebritis J.  Oiya ane di sekolah ikut salah satu Eskul ( Extra kuliner ) *ups maksudnya Kulikuler  haha  Eskul Rohis.
 Nah, awalnya  sekitar jam 12 siang hari sabtu handphone ane bergetar , eh ternyata  ada sms dari Galih ( Ketua Rohis disekolah ane ), katanya sih ada acara Silaturahim ROHIS Nasional di Lembang, ane kaget dan yang pasti penasaran haha.
Sebenernya sih ane ragu dan ngerasa ga enak buat ikut Silatnas ini, soalnya Galih wa Ihsan ( Wakil Ketua Rohis ) ga bisa ikut, padahal yang seharusnya ikut itu adalah BPHnya ( Badan Pengurus Harian ), sedangkan ane termasuk anggota baru di Rohis, tapi berhubung ane  juga pengen ikut, akhirnya ane mutusin buat ikut ke acara itu. ( H – 6 )
H - 5
Senin pas masuk sekolah ane baru dikasih liat undangan Silatnasnya sama Rodiah ( ketua keputrian Rohis ) dan undangan itu harus dikasih ke kepsek, untuk perizinan dan menentukan kami bisa ikut atau enggaknya L ( Mulai Pesimis).


 H- 4
 Undangan Silatnas itu baru ane kasih hari selasa siang ke wakasek, dan ketika ane kasih undangan itu ke wakasek, wakaseknya bicara “waduh ibu ngga tau nih akan di izinin atau enggak sama kepseknya soalnya jauh nak, tapi akan ibu coba kasih ke kepsek, soalnya keputusan ada di kepsek”, ane hanya bisa berkata iya sambil menundukan kepala (tambah pesimis) L , berhubung kata panitianya keputusan ikut atau tidaknya paling lambat hari rabu, ane meminta agar kepsek mengasih keputusannya besok. Ane berharap banget diizinkan sama sekolah, karena acara Silatnas itu baru pertama kali di adakan.
H- 3
Hari rabunya ane datang ke wakasek untuk menanyakan keputusan dari kepsek, akhirnya ketika ane ngeliat undangannya, diundangannya ada surat untuk wakasek yang bertuliskan, ‘mohon dipertimbangkan kepada wakasek, karena mengingat lokasinya yang jauh” yang kesimpulannya kami tidak diizinkan, kami sangat kecewa dengan keputusan dari kepsek. kami dipanggil oleh Pembina rohis beliau bertanya, sekolah mengizinkan atau tidak, kami pun dengan rasa kecewa mengatakan tidak bu, tetapi saya sangat salut dengan Pembina Rohis dan Alumni, mereka sangat mendukung  kami untuk ikut serta dalam SilatNas ini, hingga akhirnya kami ikut dalam acara tsb, dan yang akhirnya ikut pun, ane rizki hari and 2 akhwat .
Hari pertama…
Peserta yang ikut acara silatnas ini yang dari depok ialah dari sman sedepok dan smk 1 depok dan sma sejahtera, kita berkumpul pada jam set 7 di balai kota depok, sobat rohis tau apa yang kami naiki untuk pergi ke lembang? Ya bus seharga 1, 2 milyar , wew mahal banget ya? Biasanya perjalanan dari depok ke lembang itu sekitar 5 jam, tapi tak disangka”, kami sampai di tempat jam 15, berapa jam tuh? Hhe .
Sesampainya ane disana karena ane belum pernah ke lembang, ane sangat senang, hhe oiya sebelumnya ane udah ada yg  kenal sama peserta” yg dari depok itu,  yaitu adit, agung, muhtadin, suryadi, dan tak lupa sobat ane dari sekolah ane sendiri hari n rizki, ane dan muhtadin bercanda ketika sampai disana, ane bilang gini, aduh jauh” dari depok kebandung, ternyata jalanannya masih sama ajah ada aspalnya, hhe bermula dari perkataan ane itu, kami jadi sering membuat lelucon lelucon tentang yang ada di bandung hhe. Oiya ane kagum sama pesantren nurul fikri boarding school, pesantren itu dikelilingi bukit n gunung”,  dan yang pertama kali terlihat dari pesantren itu adalah masjidnya, masjidnya indah sekali, lapangan dengan rumput hijau yang luas, arena skate, gedung” asrama yang subhanallah bagus, lap. Basket yang diapit oleh gedung asrama, dan yg ane kagum di pesantren itu ada sungainya loh dan peserta yang sangat banyak kira” 10.000, 0nya gelinding satu, hhe , subhanallah, baru pertama kali ane ngeliat pesantren bagus banget. Ane dan kawan” dari depok berkumpul di lap. Untuk registrasi dan makan, nah ketika sedang makan, suasana canggung terhadap peserta yang lain hilang, kami baru berkenalan dg peserta dari depok yg lain, karena sudah azan ane and kawan” pun berkumpul di masjid untuk sholat. Lalu kami berkumpul lagi dilap. Untunk apel pembuakan Silatnas ini, di apel ini diumum kan peserta silatnas ini di hadiri oleh 319 sekolah 1531 peserta 73 kota/kabupaten dan 9 provinsi, sungguh menabjubkan, kami berkumpul dengan peserta dari mana”, depok, bogor, Jakarta, bekasi, tangsel, jogja, Cirebon , cililin, dll ada yang di luar pulau jawa loh, bali, Banjarmasin, makasar, Bandar lampung,Pontianak. Kalian tahu siapa inisiator acara ini? Inisiator dari Silatnas  ini adalah Forum Rohis Nusantara ( Fornusa ) yang kepanitiaannya dipegang oleh  siswa / i SMA yang mengikuti rohis disekolahnya, sangat menakjubkan , se usia mereka sudah dapat mengumpulkan Rohis se Nusantara ..
Seusai apel pun kami kembali ke masjid berkenalan dengan peserta yg lain, ane berkenalan dengan peserta dari jogja, namanya joko, logatnya jogja banget, ane tersenyum hhe mendengar ia bicara, ane berbincang” seputar rohis di sekolah masing” hingga azan magrib tiba, ane dan sobat rohis yg lain pun sholat dan istirahat di dalam masjid, seusai sholat isya ada kegiata Training Motivation yang di isi oleh ka Andi Syaputra, beliau mengatakan “ Masa Depan Seorang Muslim Itu Beda” yang dimaksud beda disini itu, kita harus percaya bahwa masa depan seorang muslim itu lebih baik dari orang lain. Dengan cara ubah perlahan perilaku kita, cara bebicar dan cara berfikir yang ilmiah, dan beliau berkata kita harus menambahkan setiap kata baik, dgan kata lebih, missal, rajin menjadi lebih rajin, sabae, lebih sabar, sukses lebih sukses, kita itu harus BEDA .
Kegiatan Training Motivation selesai sekitar jam 9 malam, dan tibalah acara yang ditunggu” oleh peserta yang lainnya juga yaitu makan , ahaha, karena makanannya belum siap, ada dua orang mc, mengisi waktu kosong itu, dengan candaan, dan games”nya, games yg paling mengesankan adalah games tom jerry, karena gara” games itu tangan ane tercakar u,u .
Karena makanan belum tiba juga, akhirnya tiba juga acara penghujung malam ini, yaitu pelepasan duta pelajar Indonesia ke palestina, pertama ada seorang ustad yang berpakaian baju berbendera palestina dan di ikuti 2 duta pelajar  yang akan kepalestina barulah dating makan malamnya hhe, jadi kami mendengarkan pidato sambil makan, ahaha. Ustadnya berkata dalam pemilihan duta pelajar palestina ini ada seleksinnya, yaitu orang yang punya rasa kepedulian yang tinggi terhadap rakyat palestina, fasih berbahasa arab dan hafal al quran minimal 20 juz , subhanallah sangat hebat bukan dua duta pelajar ini. Dua duta pelajar ini seusia dengan kita loh, ada yang kelas 11 dan kelas 10 dua-duanya ikhwan . lalu salah satu duta pelajar itu menyampaikan orasinya, ia mengembalikan semangat kami membantu sesame muslim terutama yang di palestina. Acara penutupnya ditutup oleh salah satu duta pelajar lagi membacakan puisi yang berjudul mahanazi karya rosa. Lsekitar jam 12 baru selesai, kami diberi  izin untuk sekedar melepaskan rasa lelah kami (tidur).  Tapi, saya dan muhtadin malah mandi dulu, karena gerah banget, hhe.

Hari kedua …
Bangun jam 4 pagi, sholat tahajjud dan sholat subuh lalu pembacaan al ma’tsurat, dan tillawah . saya hari dan rizki sengaja mempersiapkan lebih awal Karen ingin sekedar melihat lihat pemandangan, dan tidak lupa photo” hhe.  Akhirnya kami dikumpulkan di lap. Untul pembagian kelompok yang ikhwannya, akhirnya saya masuk suatu kelompok, satu kelompok di isi dengan 20 peserta, nama kelompok kami adalah kembang pasir, tau ga kembang pasir itu apah? Ahah ga usah dikasih tau deh, kita menarik kesimpulannya ajah, kembang pasir itu kecil” tapi membuat semua orang tau akan kehadirannya, hhe . nah jadi kita sebagai Rohis haru menunjukan Rohis itu apah, walaupun masih kecil tapi kekuatannya bessar, hhe. Kami disuruh membuat yel” , kelompk kamisangat tertinggal dengan kelompok lain, kelompok lain sudah ada yng tampil, tapi kelmpok kami belum tau yel”nya apah, akhirnya kami berfikir keras hhe, akhirnya kelompok kami dieri kesempatan untuk menunjukan yel” kami, awalnya kami ragu karena kelompok” lain sangat bagus”, ide mereka sangat kreatif, tapi kita tidak patah semangat, lalu kelompok  kami menyanyikan yel” kami. Kami sangat heran mengapa peserta yang lain (menonton ) pada diam, apakah karena penampilan kmi jelek, atau karena terpesona , hhe . seusai kelompok kami membawakan yel” kami, masih ada beberapa kelompok yang belum menampilkan kelompoknya, ane rizki dan muhtadin berinisiatif mandi terlebih dahulu, sebelum yang lainnya selesai, karena takut antri jadi kam mandi duluan. Seusai mandi ternyata penampilan kelompok untuk menyanyikan yel” pun sudah usai, mereka sudah ada di masjid, dan yang tidak ane sangka, ternyata kelompok ane menang, wow, ane merasa sangat bodoh, karena ane, hari dan muhtadin tidak bisa ikut untuk memeriahkan kemenangan kelompok kami , yang menang diberi hadiah foto” sekelompok. Ahh, baru sadar kita itu harus setia kawan , jangan seperti kami ya u,u ? hhe
Lalu di waktu itu, kami memanfaatkan waktu yang sebaik”nya, ane dan peserta yg dari depok, membuat lomba, siapa yang, paling banyak mendapatkan teman, dan harus ada nama, nama sekolah, no hp. Hhe, ane pun langsung bergerak mencari teman, dapet temen yang dari Banjarmasin loh hhe :D hhe sebelumnya ada yang memanfaatkan waktu untuk sholat dhuha, makan (ngemil) liqo. Jam 9, kami dikumpulkan kembali, untuk pengembangan minat dan bakat, ( pelatihan struktur organisasi, silat , ITJ, public speaking, Tracking, Skate $ sepatu roda, futsal) , ane rizki dan hari ada di satu kelompok, dan kelompok kami, kebagian pengembangan ilmu bela diri, oadahal itu bukan minat saya, -_- , tapi jalani sajalah, sebenarnya kami sudah lapar, tapi acara makan nya belum juga dimulai, hhe makan melulu nih ..
Emm, akhirnya ane hari dan rizki menemui alumni pendamping kami(ka ananto), untuk sekedar foto” saja, eh, Alhamdulillah ka ananto ngajak kami untuk makan, makan batagor, hhe, lumayan, untuk mengganjal perut, seusai makan batagor, kami berkumpul lagi dalam kelompok kami yang main silat, eh, ga lama kemudian makanan dateng, hhe, makan lagi deh :D
Seusai makan, kami di persilahkan untuk ke masjid, untuk share tentang rohis di sekolah, kasian banget yang kebagian pengembangan minat di masjid belum makan, hhe, sabar yaw ? :D emm, disana, telah mendapatkan kesimpulan, tentang apa saja yang di perlukan dalam FORNUSA ini, insya allah fornusa akan mengadakan silaturahim rohis nusantara lagi pada bulan juni nanti, targetnya 5000 rohis loh, waw banyak kaga banyak . ahaha nah, kalo silatnas yg pertama ini kan, sekolah hanya di perbolehkan 5 siswa untuk ikut, kalo yg kedua ini insya allah anggota rohis semuanya boleh ikutm hhe, aminnn .
Share tentang rohis diusaikan oleh azan dzuhur, kami pun, sholat berjamaah, dan berkemas, Karena yg ane dengar setah ini ada acara penutupan.  Penutupan di di pandu oleh 2 mc yg sangat meriah ini, haha, padahal mah garing, tapi karena kegaringannya itu kami malah jadi ketawa ahaha, di siarkan film tentang mentor yang dibuat oleh para siswa smp, filmnya sangat bagus, yang berjudul, mujahid biru, dan video rumah rohis. sebelum penutupan, penutupan ini ada acara awardnya silatnas, nominasi peserta teraktif, terdisiplin, peserta terbanyak, terjauh, dan beberapa pemenang games. Dan terakhir, penutupan ini ditutup dengan ikrar rohis Indonesia , begini ikrarnya
“IKRAR ROHIS INDONESIA :

Betapa inginnya agar kami, agar bangsa Indonesia mengetahui bahwa mereka lebih kami cintai daripada diri kami sendiri.

Kami berbangga ketika jiwa-jiwa kami berkorban sebagai penebus bagi kehormatan mereka jika memang tebusan itu yang diperlukan.

Tiada sesuatu yang membuat kami bersikap seperti ini, selain rasa cinta yang mengharu biru di hati kami, menguasai perasaan kami, memeras habis air mata kami, dan mencabut rasa ingin tidur dari pelupuk mata kami.

Betapa berat rasa di hati ketika kami menyaksikan bencana yang mencabik pelajar Indonesia, sementara kita hanya sanggup menyerah pada kehinaan dan pasrah pada keputusasaan.

Sungguh kami berbuat di jalan Allah untuk menyelamatkan tunas bangsa Indonesia, lebih banyak dari apa yang kami lakukan untuk kepentingan diri kami sendiri.

DENGAN INI, KAMI ROHIS INDONESIA MENYATAKAN :

1. Berjanji untuk terus membantu memperjuangkan hak - hak pendidikan saudara - saudara kami, pelajar Palestina.
2. Membawa semangat perjuangan rohis nasional ini kepada rekan - rekan seperjuangan di sekolah dan daerah kami.
3. Kami akan kembali, juli 2013, untuk musyawarah nasional, forum rohis nusantara (fornusa), di taman mini Indonesia Indah sebagai batu pijakan kebangkitan rohis nasional, menyelamatkan tunas bangsa.

Bandung, 30 Maret 2013
Kami yang berusaha untuk peduli
ROHIS NUSANTARA,
Dan ditutup oleh doa dan menyanyikan lagu samudra kehidupan – shoutul harokah, dalam menyanyikan lagu tsb, hati ini terasa bangkit, masjid itu sangat bergema dengan suara kami, dan diakhiri dengan pengucapan ALLAHU AKBAR! Lalu saat bergegas keluar dari masjid, salah satu teman ane ( agung ) dan ditemani ikhwan dari depok mengucapkan takbir yang menyemangati kami lagi .. :D lalu, kami bersalam”an dengan peserta lain . mengucapkan salam perpisahan ..

Sumber: http://www.facebook.com/download/184285471729064/silatnas%20Rohis.docx

No comments: