Sunday, April 21, 2013

Siapkan Organisasimu! Manajemen Kepengurusan Rohis

Manajemen Kepengurusan adalah sebuah hal yang harus diperhatikan saat kita bergerak dalam sebuah organisasi, dalam hal ini Rohis. Rohis tidak akan pernah sesuai dengan harapan jika tidak diiringi oleh manajemen kepengurusan yang baik. rubrik ‘Siapkan Organisasimu!’ adalah rubrik dimana saya akan membedah seluk-beluk organisasi dan bagaimana cara untuk membuatnya menjadi organisasi yang efektif. siap? harus siap tentunya…
saat ini tema yang akan saya bahas adalah Visi dan Misi Organisasi. siapa diantara sahabat-sahabat semua yang tau apa itu visi? *seorang anak tiba2 mengacungkan tangannya* “nama makanan dari kedelai yang isinya tauge kang!”. bukaaan…bukan ituu.. itu tahu isi. *1 anak lagi mengacungkan tangannya* “yang ada di atas gigi kak!”, ooowwhh.. bukaaan.. kalau itu gusi! sudah lah, tak perlu kita perpanjang lagi, daripada semakin banyak jawaban ngaco, lebih baik kita langsung bahas saja. hehe..
Visi dalam teori diartikan sebagai :

suatu sekenario masa depan organisasi yang diusahakan untuk diwujudkan. suatu masa depan yang lebih baik, lebih berhasil atau lebih mendekati harapan
dalam referensi lain dikatakan visi organisasi adalah tujuan kerja dari sebuah organisasi. gampangnya, sebuah titik akhir yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Atau lebih gampangnya lagi, visi adalah Mimpi sebuah organisasi di masa depan. biasanya visi sebuah organisasi di tuliskan dalam sebuah kalimat yang ringkas, padat dan jelas.
Emangnya visi penting ?
sahabat-sahabat semua mungkin bertanya, “kenapa sih visi itu penting?” , “emangnya visi itu penting kang?” , “ha? visi?”. oke.. tenang, akan saya jawab. kenapa visi ini penting? karena visi akan menjadi arah organisasi ini menuju. Visi akan menjadi semangat juang organisasi dan visi akan menyatukan seluruh anggota organisasi. kita ambil contoh, jika ditanya, “mau pergi kemana?” tentunya sahabat akan menyebutkan nama sebuah tempat yang jadi tujuan. setelah tahu mau kemana, selanjutnya sahabat pasti akan mulai membayangkan arah mana yang harus ditempuh, apa yang harus dilakukan dan kendaraan apa yang harus digunakan.
Begitupun dengan organisasi, tentunya harus ada 1 tujuan yang jelas yang menjadi titik akhir organisasi. tujuan ini yang nantinya akan membantu untuk menentukan apa yang akan organisasi lakukan? dengan cara apa? bagaimana? kapan? dsb. visi ini yang akan membuat organisasi terarah dan tidak tersesat seperti orang yang tidak tahu hendak pergi kemana.
selain itu visi juga menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi kerja anggota organisasi, dan yang akan menjado makna gerak organisasi.
Metode S.M.A.R.T & 4P
sebelum sahabat membuat “Rumusan dalam 1 kalimat” yang bernama Visi. ada beberapa hal yang perlu sahabat perhatikan, tujuan/mimpi yang akan sahabat tuliskan disini tentunya mempunyai beberapa ketentuan, ini harus kita perhatikan agar apa yang kita tulisan ini dapat membuat kita terpacu dan berefek DAHSYAT!!
Pertama, Sifatnya haruslah S.M.A.R.T. :
  • S : Specific ~ Jelas!
  • M : Measurable ~ Terukur!
  • A :Acheivable~ Terjangkau!
  • R : Reasonable ~ Beralasan!
  • T : Time Bond ~ Ada batas Waktu!
Kedua, kalimat yang dituliskan haruslah sesuai dengan 4P, yaitu :
Personal
Rumusan itu tertulis untuk organisasi sahabat, tulislah nama organisasi sahabat dalam kalimat visi misalkan “DKM Nurul Khomsah”
Present
Sebagai contoh, Seringkali orang menuliskan/mengatakan,”Pada tahun 2011 ini, saya mau menjadi siswa teladan!”, Kata “mau” itu bersifat future, dan pada saat kita menuliskan hal ini, berarti kita belum menegaskan bahwa kita memang akan meraih hal tersebut, bisa saja di tunda. Lebih afdhol jika kita menuliskan “Pada tahun 2011 ini, saya menjadi siswa teladan” (tinggal kita tulis dalam konteks organisasi)
Positive
Gunakan kata-kata yang langsung pada tujuan, kata “tidak”, “jangan”, “Ga mau” itu harus kita ganti!! Sebagai contoh, sekarang JANGAN SEKALI-KALI BANYANGKAN WARNA KUNING!!!(dijamin deh, warna yang pertama kali muncul dalam benak mu pastilah warna kuning, baru warna lain). Begitu juga dengan diri kita, saat kita berkata “Jangan Grogi..jangan grogi..” yang terjadi pada diri kita: grogi beneran! Kenapa ini terjadi, karena subconsious mind di otak kita tidak bisa menerjemankan kata2 negatif (yang udah disebutkan di atas..)
Powerful
no explanation 4 this entity, pastinya dah pada ngerti apa arti kata ini.
Nah, sampai sini materinya beres. membuat visi adalah hal yang mudah sahabat! coba segera tuliskan, dan setelah selesai, cetak dengan huruf besar, bingkai di ruangan sekretariat, lalu ucapkan dengan lantang berkali-kali. Rasakan KEDAHSYATANNYA! :D
sebagai penutup, saya sertakan beberapa visi organisasi dakwah islam, semoga bisa menginspirasi.
1. Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) ITB tahun 2010
Satu Keluarga Menjadi Model Lembaga Dakwah Kampus Nasional Berbasis Pembinaan dan Kompetensi Melingkupi Seluruh Sayap Dakwah Menuju Indonesia Islami
sumber : blog kepala gamais 2010
2.  Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM) Universitas Indonesia
SALAM UI sebagai pusat dakwah Islam tingkat universitas yang “Berdikari”, “Bersahabat” dan “Bermanfaat” menuju civitas yang madani
sumber : website mahasiswa.ui.ac.id
Setelah kita membahas bagaimana visi sebuah organisasi di bentuk, pada tulisan kali ini kita akan membahas hal yang ga kalah penting, yaitu : Misi!
Misi dalam teori diartikan sebagai :
Suatu pernyataan organisasi tentang apa yang dianggap sebagai tanggungjawabnya untuk diwujudkan selama suatu kurun waktu tertentu dalam rangka merealisasikan visi organisasi di masa depan
lebih gampangnya, misi adalah langkah-langkah yang akan ditempuh oleh organisasi dalam mencapai visinya. Pada bahasan sebelumnya kita sudah menentukan mimpi dari organisasi kita, saat ini yang kita lakukan adalah merumuskan bagaimana cara mencapai mimpi tersebut.
Mengapa Misi penting?
suatu hari, seorang anak bernama budi ingin pergi ke luar kota, hal pertama yang budi lakukan pastinya menentukan kemana akan pergi. Anggaplah budi ingin pergi ke jakarta dari bandung. setelah itu tentunya budi akan menentukan bagaimana akan pergi? pergi ke jakarta menggunakan apa? dan lewat jalur mana? apakah tol cipularang? lewat puncak? dsb.
dalam organisasi, menentukan misi adalah sama pentingnya dengan menentukan visi. tanpa misi, visi organisasi tak kan bisa dicapai. misi ibarat sebuah jalur kereta yang akan membawa kereta sampai pada tujuan dengan selamat.
Rumusan misi organisasi yang baik :
gunakan metode smart & 4P (bisa dilihat pada artikel visi)
selain itu, misi juga harus,
  1. dijabarkan dengan jelas
  2. memiliki cakupan yang komprehensif, namun juga tepat dan spesifik
  3. mampu meghasilkan tindakan nyata
  4. menjadi acuan untuk pengendalian diri sendiri
  5. memberikan gambaran tentang ideologi organisasi
Jack Trout said…
Jack Trout, seorang ahli positioning, menyatakan tidak sepaham dengan pernyataan misi yang berbelit-belit, dirangkai dalam kalimat panjang dan membingungkan. Baginya segalanya bisa disederhanakan, termasuk misi.
Misi yang bagus adalah misi yang definitif (jelas dan dapat diraih). Misi yang tidak definitif mengindikasikan organisasi tidak tahu kemana ia harus melangkah. Tujuan dari membuat pernyataan misi adalah memastikan semua orang dalam organisasi memahaminya, bukan sebaliknya, justru membingungkannya.
Dalam membuat pernyataan misi, lupakan “seperti apa anda ingin menjadi” dalam pernyataan misi, tetapi berfokuslah pada “UPAYA-UPAYA yang berkaitan dengan seperti apa anda ingin menjadi”.
Pernyataan misi harus mengandung ide diferensiasi (pembeda) dan menjelaskan bagaimana dengan menjalankan ide itu, anda dapat mengungguli pesaing anda. (sumber : papanputih.com)
akhir kata, seperti artikel sebelumnya, saya sertakan juga kalimat misi dari organisasi dakwah kampus. biar lengkap, saya sertakan lagi kalimat visinya juga. semoga bisa menjadi inspirasi bagi sahabat2 semua. :D
1. Visi Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM) Universitas Indonesia
“SALAM UI sebagai pusat dakwah Islam tingkat universitas yang “Berdikari”, “Bersahabat” dan “Bermanfaat” menuju civitas yang madani”
  • Pusat” adalah posisi Salam UI dalam satu kesatuan dakwah Islam di UI, bersama lembaga-lembaga dakwah di setiap ‘area’ (baik fakultas maupun asrama)
  • Berdikari” adalah karakter organisasi yang meliputi kemandirian dalam bergerak, mapannya sistem dan perangkat organisasi, luasnya wilayah garapan dakwah. orisinalitas ideologi, orientasi pada peningkatan kompetensi personal, serta produk yang bermanfaat lintas ruang dan waktu
  • Bersahabat” adalah karakter organisasi yang meliputi paradigma bersikap, iklim internal, serta kultur komunikasi dengan pihak eksternal
  • Bermanfaat” adalah aplikasi dari visi dakwah kampus, diharapkan SALAM UI mampu memberikan pelayanan terbaik pada umat (Khadimul Ummah). Sehingga keberadaannya dapat BERMANFAAT bagi umat.
  • Civitas” adalah simbol adanya tanggung jawab dakwah Salam UI untuk senantiasa menjaga, memperbaiki dan berkontribusi terhadap UI dalam mengharumkannya
  • Madani” adalah model masyarakat yang plural, adil, dan beradab yang ingin diwujudkan di UI secara khusus dan Indonesia secara umum
     Misi Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM) Universitas Indonesia
  • Accelerate Maturity
  • Islamic Center
  • Ummah Research
  • External
  • Organic and Independent Organization
sumber : website mahasiswa.ui.ac.id
2. Visi Keluarga Remaja Islam Salman (KARISMA) ITB Periode 30
“Sinergis & profesional sebagai penyokong pembinaan remaja se-Kota Bandung.”
Misi Keluarga Remaja Islam Salman (KARISMA) ITB Periode 30
  • Menyediakan fasilitas pembinaan yang berkualitas guna mengarahkan Pembina untuk menuju muslim yang ideal.
  • Membuat program pembinaan remaja yang berkualitas, berjenjang, mengaktualisasikan bakat, dan mendorong tumbuhnya prestasi.
  • Mengembangkan program pembinaan remaja unggulan yang siap menjadi penyokong pembinaan remaja Kota Bandung
  • Membentuk sistem pendukung yang  positif, produktif dan berdampak besar dalam mendukung pelaksanaan program KARISMA.
  • Menyelaraskan setiap bidang kerja KARISMA untuk mengoptimalkan output program KARISMA.
  • Menjalin hubungan dengan stakeholder yang memiliki peran dalam pembinaan remaja di Kota Bandung
Sumber:
http://catatandsbandung.wordpress.com/2011/04/23/siapkan-organisasimu-1-visi-organisasi/
http://catatandsbandung.wordpress.com/2011/05/10/siapkan-organisasimu-2-misi-organisasi/

2 comments:

Wahyu smart said...

alhamdulillah, afwan, izin share.
jazakumullah :)
salam dari Rohis Ponorogo
assalamuallaikum wr.wb.

alinadiras said...

Assalamualaikum. Wr. Wb
Saya dari murid SMAI PB Soedirman, saya ingin minta contact person kakak rohis UI, boleh tidak?