Sunday, April 21, 2013

Manajemen Dinamisasi Mentoring + Psikologi Remaja

Diambil dari:Profil SMP Islam Plus Baitul Maal

“waktu aku masih muda dulu, aku berkhayal untuk mengubah dunia. Namun, seiring dengan bertumbuh usiaku, dunia tak bisa ku ubah. Maka ku persempitnya menjadi hanya mengubah negeriku. Ternyata itu tak kunjung berubah, usiakupun sudah semakin senja, maka ku batasi untuk merubah keluargaku. Tapi aku semakin terkejut karena keluargaku pun tak bisa ku ubah. Sepertinya aku terlalu asyik dengan duniaku sendiri. Kini, smentara aku terbaring lemah tak berdaya, aku baru sadar, andai yang pertama aku ubah adalah diriku sendiri, maka dengan panutan, keluargakupun pastilah akan berubah. Dan berkat kerja keras lingkungan yang baik dan kaji mengkaji, mungkin aku bisa mengubah negeriku, dan aku bisa jadi mengubah dunia!”

Menunggu Yang Menyenangkan…

Seperti biasa, jumat pagi merupakan jadwal pertemuan dengan adik-adik mentor saya. pertemuan yang bukan berghibah atau melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat apalagi mendatangkan kemudharatan. Melainkan sebuah pertemuan kebaikan untuk mempelajari islam & berbagi pengalaman hidup. Maka tak ayal pertemuan ini penuh dengan kebaikan dan keberkahan (insya Allah).
Sesuai kesepakatan, mentoring dimulai pukul 6.30 dimasjid kampus.  Maka sedari shubuh saya langsung bersiap dengan ritualitas pagi. Mandi hingga sarapan pagi. Pukul 6.40 saya sampai kemasjid kampus, saya terlambat datang sesuai waktu kesepakatan karena terlebih dahulu saya harus ke tempat kerja. Saya Mengira sudah terlambat dan adik-adik mentor saya sudah menunggu dimasjid, tapi ternyata mereka belum datang satu orang pun.

Metode Baru Memahamkan Ayat Alquran untuk Adik PAS

Ada metode baru yang digunakan oleh kakak-kakak Pembinaan Anak-anak Salman (PAS) ITB ketika mengajarkan adik Belajar Baca Al-Quran (BBAQ). Adik-adik SD itu menghafal dan memahami ayat Alquran pada mentoring perdananya di semester 57 Ahad, (30/9).
Tema mentoring adik SD adalah “Big Bang”. Mereka diajak mempelajari ayat semesta mengenai Big Bang sambil bermain games. Adik-adik dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu, adik kelas 1-2 SD, adik kelas 3-4, dan adik kelas 5-6 SD. Pada akhir lomba, ada sesi tanya jawab seputar penciptaan alam semesta dan Big Bang.

Mentoring dan Nikmat

sabtu 30 juli 2005
sungguh besar nikmat Alloh...

pagi2 masuk kerja sebentar, kemudian langsung ke sekolah untuk pembukaan mentoring skul (ketemuan sama murid baru)

sungguh!!!
ketika kita menolong agama Alloh
Alloh semakin menolong kita
(intansurulloha yansurkum wayutsabbit akhdamakum)

ah...

Bingung Memulai Mentoring?

Bingung memulai mentoring?

Atau lupa sama materi yang akan disampaikan?
Mungkin bisa dicoba beberapa tips berikut. Walaupun cuma tausiyah ringan tapi bisa dicoba di lapangan.

Before Action

Apa yang harus disiapkan sebelum mentoring?
Sebenarnya sudah sangat jelas bahwa mentoring

Riset Rohis Bandung

Seperti layaknya permainan sepakbola, tentunya pelatih sebuah tim*beserta jajarannya* akan mencari data & fakta mengenai lawan tandingnya tersebut, mereka mempelajari dengan seksama rekaman pertandingan ataupun datang langsung kepertandingan calon lawannya untuk sekeder tahu, seperti apa strategi yang biasa dimainkan, siapa pemain kunci yang menjadi motor serangan, apakah ada titik lemah dari tim tersebut, dsb. semuanya dilakukan semata-mata untuk bisa meraih kemenangan saat tim mereka bertanding dengan tim lawan.
Siapapun anda, telah lama berada di Dakwah Sekolah*bertahun-tahun* ataupun baru terjun dan terlibat di dakwah sekolah. Adalah sebuah keharusan untuk dapat memahami medan juang yang akan anda garap.

12 Parameter Membangun Program Mentoring

Setelah mengetahui betul-betul apa kebutuhanmu dalam merancang sebuah program mentoring, maka kini saatnya kita berbicara lebih detail dan terstruktur. Mari kita bicara tentang Apa Saja yang Kita Butuhkan untuk membangun sebuah program mentoring. Saya merangkum hal-hal yang perlu Antum tetapkan mengenai permentoringan dalam tajuk 12 Parameter.

4 Elemen Kunci dalam Merencanakan Program Mentoring yang Sukses

Setiap Rohis ataupun remaja mesjid tentu memiliki kondisi berbeda-beda ketika akan memulai program mentoringnya. Oleh karena itu tidak ada satu panduan yang baku dan persis sama  dalam merencanakan dan membangun sebuah program mentoring. Dimanapun itu, tentu ada penyesuaian program, aturan dan langkah-langkah demi mencapai tujuan mentoring. Meskipun begitu, setidaknya ada beberapa elemen yang mirip-mirip dan sifatnya fundamental sekali untuk diperhatikan ketika kita ingin merencanakan sebuah program mentoring yang sukses. Disini, saya akan membahas garis besarnya untuk Antum yang garis kecilnya akan saya bahas dalam tulisan yang terpisah.

Macam-macam Mentoring

Saya lupa menyebutkan, istilah lain untuk mentoring adalah halaqah. Mentoring itu dari bahasa Inggris, sementara halaqah dari bahasa Arab. Mentoring atau halaqah ada macam-macam jenisnya. Ada yang namanya Mentoring Satu-Satu yang dalam istilah arab namanya dakwah fardiyah. Mentoring Kelompok (halaqah berkelompok) terdiri dari satu mentor dan beberapa adik mentor (sekitar 4-8 orang). Mentoring Team terdiri dari beberapa mentor (2-3 orang) dengan sejumah adik mentor (4-12 orang) dengan tiap mentor memiliki kapasitas dan keahlian yang berbeda. Peer mentoring yaitu adik mentor menjadi mentor untuk adik mentor lainnya. Terakhir adalah E-mentoring atau online mentoring atau telementoring yaitu mentoring via internet.

Evaluasi Mentoring

ni kumpulan kritik dan saran dari adek" mentee pertama v3.. hehehe...
jadi penambah motivasi untuk kedepannya, karena makin banyak kelompoknya, makin harus menambah semuanya, semoga mereka ngga kecewa punya kakak yang "gila" kayak v3.. xD
Yuni: Sebenarnya Q bingung mau buat apa. Buat Q smw dah Baik. Karna dgn adanya mentoring ini kita sudah banyak mengajak banyak orang untuk lebih baik. Harapan saya dg rang k3 jangan bosan mengadain mentoring ini, Saran saya mentoring ini dimulai dari semester I karna para mahasiswa belum terkontaminasi dengan kehidupan kampus yang buruk. Jadi pihak LSO memperjuangkan mata kuliah agama diadakan di semester I.

Mentoring for Dummies

Ehm, judul ini jangan ditanggepin terlalu serius.. biasa aja ya. Di artikel ini saya ingin menjelaskan atau setidaknya memberikan pengantar mengenai Mentoring khususnya Mentoring Agama Islam. Agar konteksnya tidak terlalu berat, saya beri judul Mentoring for Dummies atau Pengantar Mentoring buat Antum-antum yang masih baru memasuki dunia permentoringan. Biasanya pertanyaan paling awal adalah “Makhluk seperti apakah MENTORING itu?” Untuk menjawabnya mari kita tengok uraian saya di bawah ini.

Jadi Mentor yang Dicintai yuk!

Melebihi dari bahagianya seorang Pecinta adalah ketika Cintanya dibalas dengan Cinta yang lebih besar. Saya pernah berkata dalam sebuah seminar tentang dunia mentoring: “Mementor itu adalah pekerjaan Cinta. Saat Engkau mencintai adik mentor, maka rasakanlah, Engkau akan dicintai mereka tanpa pernah engkau memintanya”.

Biar jelas, mari kita bandingkan keadaan seorang mentor yang tidak dicintai adik mentornya dan mentor yang dicintai adik mentornya :

Bagaimana Mengelola Agar Sebuah Program Mentoring Itu Sukses

Agar program mentoring kita sukses, maka lakukanlah hal-hal berikut :
  • Bentuk badan mentoring (kepengurusan mentoring)
  • Kembangkan sistem yang komprehensif untuk mengelola informasi program
  • Desain perencanaan pengembangan sumber daya yang bisa menghasilkan uang
  • Desain sebuah sistem untuk memonitor mentoring
  • Buat perencanaan untuk mengembangkan potensi mentor dan pengurus badan mentoring
  • Bangun komunikasi dan relasi dengan pihak luar (stakeholders)

Siapkan Organisasimu! Manajemen Kepengurusan Rohis

Manajemen Kepengurusan adalah sebuah hal yang harus diperhatikan saat kita bergerak dalam sebuah organisasi, dalam hal ini Rohis. Rohis tidak akan pernah sesuai dengan harapan jika tidak diiringi oleh manajemen kepengurusan yang baik. rubrik ‘Siapkan Organisasimu!’ adalah rubrik dimana saya akan membedah seluk-beluk organisasi dan bagaimana cara untuk membuatnya menjadi organisasi yang efektif. siap? harus siap tentunya…
saat ini tema yang akan saya bahas adalah Visi dan Misi Organisasi. siapa diantara sahabat-sahabat semua yang tau apa itu visi? *seorang anak tiba2 mengacungkan tangannya* “nama makanan dari kedelai yang isinya tauge kang!”. bukaaan…bukan ituu.. itu tahu isi. *1 anak lagi mengacungkan tangannya* “yang ada di atas gigi kak!”, ooowwhh.. bukaaan.. kalau itu gusi! sudah lah, tak perlu kita perpanjang lagi, daripada semakin banyak jawaban ngaco, lebih baik kita langsung bahas saja. hehe..
Visi dalam teori diartikan sebagai :

Tips-Tips Mementor

Banyak aspek-aspek yang beririsan antara satu tipe mentoring dengan tipe mentoring lainnya. Meskipun begitu tiap metode memiliki aspek uniknya tersendiri. Untuk membantu Antum memahami hal-hal unik tersebut Saya sarikan beberapa tips dari kalangan ahli yang sudah lama mengenyam asam garam dunia mentoring.

MENTORING one-to-one (Da’wah Fardiah)

Riset Permentorngan di Amerika

Sebuah riset tentang permentoringan dibuat di Amerika. Riset ini bertujuan untuk melihat tantangan-tantangan yang dihadapi oleh seorang mentor dalam program mentoring di Amerika. (Di Amerika pun ada juga kegiatan mentoring. Sifatnya ada yang informal dan formal. Informal dilakukan tanpa ada dukungan dari organisasi (biasanya karena ikatan perkenalan atau tetangga) formal dilakukan atas inisiatif dan dukungan dari organisasi setempat. Tujuan dari mentoring di Barat bukan berdasarkan keyakinan beragama, tetapi keinginan untuk menyelamatkan masa muda remaja Amerika dan mengantarkan mereka pada kehidupan lanjut yang lebih baik, terhindar dari pergaulan buruk dan memiliki mimpi berprestasi yang tinggi).

30 Macam Kegiatan Mentoring

Takut menjadi mentor? Bingung mau ngapain aja bersama adik mentor? Gak perlu bingung kalee…! karena disini saya akan berbagi 50 kegiatan yang bisa Antum lakukan untuk memulai membangun kebersamaan dengan adik-adik mentor antum. So cheer up!!

1. Tentukan tujuan kelompok mentoring bersama-sama.

Hal pertama yang sangat sederhana yang bisa kita lakukan untuk memulai mentoring adalah dengan berdiskusi, berkenalan dan termasuk menentukan tujuan mentoring bersama-sama. Buat apa sih kita mentoring agama? Apa pentingnya kita melakukan mentoring.

Mentoring itu...menyenangkan!

Subhanallah…
Hari ini, saya mendapat teori yang luar biasa mengenai mengelola sebuah mentoring. Ah, sering sekali merasa, bahwa ilmu yang baru saja saya dapat adalah sesuatu yang terlambat saya peroleh. Karena sebelumnya, saat saya semestinya membutuhkan hal ini, saya tidak mempunyai ilmu tentang ini. Dan baru sekarang lah saya memperolehnya, meski tak tahu pasti juga kapan akan benar mampu mempraktekkannya. Itu tak mengapa lah, toh, selama ini memang selalu begitu. Artinya, kita telah memiliki satu pengalaman ‘gagal’ atas suatu problem, dan solusi teoritiknya baru kita tau, sehingga jika nanti mendapati hal yang sama, kita mampu belajar darinya.

Tuesday, April 09, 2013

Cerita Hebat Halaqoh Akhwat di Australia (Halaqah Online)

Islamedia - Sungguh, bertahun-tahun menjalani halaqoh di Samarinda, tak pernah terbersit oleh saya akan menikmati halaqoh dengan bentuk lain. Halaqoh yang hanya suaralah menjadi pelepas rindu dengan saudara-saudara se-halaqoh. Halaqoh yang bermil-mil jaraknya, namun dapat menghubungkan tali silaturahim antara murabbi dengan mutarabbi. Halaqoh yang hanya dapat dihadiri secara rutin oleh orang-orang yang berazzam kuat untuk terus tertarbiyah. Ya, halaqoh itu bernama halaqoh online.

Yuk Pembinaan (Mentoring)…!

Oleh: Ramadhan Aziz
Intensif  “Pembinaan” Solusi Mengatasi Segala Masalah
dakwatuna.com – Adanya kekhawatiran terhadap penyimpangan-penyimpangan agama yang terjadi di lingkungan kini, seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat, telah menimbulkan kepanikan tersendiri dari beberapa kalangan tersendiri yang terlibat di dalamnya. Ini terlihat maraknya kasus-kasus yang mencuat di permukaan. Satu sorotan yang terjadi pada dunia pendidikan khususnya dunia sekolah adalah maraknya penyimpangan-penyimpangan

(Lagi-Lagi) Tentang Ikhwan dan Akhwat

Oleh: Alkhansa
dakwatuna.com - Sore ini mendadak ada sms masuk ke hp saya, isinya pertanyaan sederhana dari salah seorang adek kelas SMA, yang kurang lebih seperti ini, “mba, inget g’ dulu sejak zaman kepengurusan Ana, terjadi penurunan di akhwat? Ikhwannya sudah melaju, akhwatnya masih g’ tau di mana… proses pembentukan di ikhwan cenderung lebih cepat dibanding akhwat. Bisa dilihat juga seperti di Un… (*sensor) sekarang, rata-rata di semua lini ikhwannya lebih muda angkatannya dibanding akhwat. Bisa disimpulkan g’ mba?”

Tentang Totalitas Itu!!

Oleh: Bahrudin Yuliyanto
dakwatuna.com - Ikhwah, kalau Antum ga pengen bilang dakwah di sekolah Antum lagi down, ya jangan ngomong doang, terjun dong kalau perlu menenggelamkan diri kembali ditempat ini, tempat yang juga menjadi asbab Antum bisa menjadi lebih baik seperti sekarang!!
Kalimat di atas mungkin terdengar terlalu keras, tapi itu adalah realita. Saya tidak sedang mengatakan bahwa di semua tempat mengalami hal yang serupa, yaitu kemerosotan kualitas maupun kuantitas dakwah level sekolah, bahkan di beberapa tempat geliat dakwah sekolah itu begitu menggelora, namun di beberapa tempat yang lain hal itu menjadi semacam masalah yang kurang direspon sebagai qadhaya dakwah

Fatin “X Factor” Didukung dan Dinasihati MUI

dakwatuna.com - Jakarta. Ketua Majelis Ulama Indonesia Pusat Bidang Seni Budaya A Cholil Ridwan menjadikan prestasi yang berhasil diraih Fatin Shidqia, peserta ajang kompetisi seni “X Factor Indonesia” sebagai ajang syiar jilbab.
“Kepada umat Islam, khususnya muslimah yang sudah berjilbab dan anggota HIJABERS setiap Fatin mau tampil di X FACTOR kirim SMS ke 9288 dan ketik FATIN, niyatkan untuk da’wah dan syiar Jilbab.”

Demba Ba “Chelsea” Tolak Bir “Man of the Match”

dakwatuna.com – London. Demba Ba sungguh pemeluk Islam yang taat. Ia pun menolak bir hadiah setelah terpilih sebagai pemain terbaik pada laga perempat final Piala FA di Stamford Bridge, Senin (1/4/2013) melawan Manchester United.
Demba Ba menjadi pahlawan kemenangan 1-0 Chelsea atas Manchester United.
Karena Demba Ba tidak minum, dia memberikan botol beer Man of the Match tersebut pada Petr Cech.
Pada menit ke-49, Demba Ba sukses menuntaskan umpan terobosan lambung Juan Mata melalui tendangan voli kaki kanan setelah lolos dari kawalan Rio Ferdinand.
Seusai pertandingan,

Kausnya Dipakai Anak Palestina yang Gugur, Ozil “Real Madrid” Terpukul

dakwatuna.com – Bintang sepak bola asal Jerman dan gelandang Real Madrid, Mesut Ozil, menangis ketika melihat foto jenazah seorang anak Palestina mengenakan kaus tim El Real dengan nomor punggung 23. Anak tak berdosa itu gugur akibat kebrutalan militer rezim Israel.
Pesepakbola Muslim itu terpukul ketika menyaksikan foto jenazah Hamid Younis Abu

Peta Hari Libur Nasional Negara-Negara di Dunia yang Mengejutkan

Peta hari libur nasional negara-negara di dunia. (Max Fisher/Washington Post)

dakwatuna.com - Peta ini, terinspirasi oleh sebuah ‘thread’ di  Reddit dengan peta yang sama, menunjukkan hari-hari nasional beberapa negara di dunia. Seperti yang Anda lihat, di dunia ini sebagian besar terbagi antara negara-negara yang merayakan hari kemerdekaan nasional dan negara-negara yang merayakan unifikasi nasional atau hari revolusi. Dan hanya dua negara tidak memiliki hari nasional formal sama sekali. Berikut ini adalah empat hal yang ditemukan menarik tentang hal ini:
1) Ya, sebagian besar dunia dibentuk oleh